THR Sebentar lagi...
Hore!

Bentar lagi te-ha-er-an nih..

Pasti banyak sekali list dalam kepala yang udah di awang-awang mau ngapain aja bahkan ada yang uda bikin catatan untuk apa aja, yeeekan. Kalau ngomongin te-ha-er, pasti deh ingetnyaaaa..
Apa hayo?

Shopping.

Yes!

Aku juga gituh kok dulu sewaktu masih dapat te-ha-er, wiiih banyak mau-nya. Pengin ini, itu.. pokoke wokeh, ngemall, belanja baju lebaran. Tapi sekarang mah udah nggak capek kan ya kalau mau belanja, ada Online Shop yang bikin hati senang nggak perlu capek keluar rumah. 

Di era jaman digitalisasi kayak sekarang kayaknya banyak banget deh yang udah beralih ke Belanja Online. Jangankan musim te-ha-er-an, hari biasa aja setiap hari banyak teman-kantor yang suka banget belanja online.  Iya seh bikin nagih ya.. 

Kenapa seh pada suka banget belanja online ketimbang pergi ke toko konvensional atau ngemall?
Sejak kehadiran toko online banyak masyarakat yang beralih ke toko online dengan alasan lebih hemat waktu.

Dibalik banyaknya peminat ke toko online, simak yuk apa saja kelebihan dan kekurangannya.


Berikut adalah kelebihan belanja di toko online :

1. Hemat Waktu


Kalau dulu kan kita kalau mau belanja harus persiapan ya kan, dandan dulu biar kece kalau mau ngemall, belum naik kendaraannya dan kalau yang pakai kendaraan sendiri harus ngeluarin bensin, belum lagi makan di sana hehehe.. 
Berbeda kalau kita belanja di toko online, dari tempat tidur nggak perlu mandi bisa langsung klik, nggak perlu ngabisin waktu kalau misal macet, yeekan. Kalau uda dipilih barang yang diinginkan tinggal transaksi pembayaran, tunggu kabar, udah deh barang sampai di rumah. Leyeh-leyeh nggak ngabisin waktu banyak.

2. Harga Bersaing


Harga di toko online lebih murah dibandingkan di toko konvesional, kok bisa? yah karena toko online sering kali ngasih voucher diskon dan promo di waktu tertentu, gimana nggak bikin mupeng kan.


3. Metode Pembayarannya Beragam


Nah kalau di toko konvesional kita hanya bisa pembayaran dengan menggunakan uang cash, toko online buanyak banget metode pembayarannya yang kadang bikin kita jadi bingung mau pakai yang mana (orang kaya hehehe..)

4. Bebas Menentukan Waktu


Toko konvesional ada jam bukanya dari jam sekian hingga jam sekian, kalau toko online semau kita deh jam berapa aja boleh, suka-suka elo pada. Jadi kita nggak harus pusing nentuin waktu buat cari barang apa yang kita inginkan.

5. Mudah Mencari Barangnya


Kalau kita belanja di toko online gampang banget kan, tinggal pilih barang apa yang kita inginkan terus keluar deh beragam jenis, beda sama toko konvesional yang mengharuskan kita mencari di mana keberadaan barang tersebut. Apalagi sedihnya tuh kalau pas lagi cari-cari barang diikuti sama pelayan terus kalau nggak beli suka di cemberutin atau di jutekin hmmm.. nah kalau toko online kita mau ngapain aja cari sampe capek juga nggak ada yang bakalan buntutin.. merdekalah kita hehehe


Tapi jangan senang dulu Bro and Sis..
Jika ada kelebihan pasti akan selalu ada kekurangan
Yuk kita tengok apa saja kekuranganya di balik semua kelebihan belanja online.

1. Nggak Bisa Nyobain Produk


Di toko online kita hanya bisa memandang barang yang akan kita beli tanpa bisa mencobanya terlebih dahulu, yang kadang ketika sampai di rumah barang nggak sesuai dengan apa yang kita inginkan. Gubrak! Pingsan (yang pernah ngalamin jangan meringis yah.. hihihi)

2. Biaya Pengiriman


Biaya pengiriman cukup tinggi, kadang membuat kita berpikir harus membeli banyak agar dapat free biaya pengiriman, biasanya suka ngajak teman untuk beli barengan. Tapi pas nggak ada yang sama belanjanya yah udah deh terpaksa ongkirnya tanggung sendiri.

3. Waktu Pengiriman Ngggak Sesuai.


Seringkan ada tulisan tertera batas waktu pengiriman sekian di setiap keterangan toko online, tapi  pada kenyataannya suka terlambat dan bikin jantung deg-degan, barang aku udah dikirim belum yah.. beneran nggak seh uda dikirim.
 Krik..Krik.. Krik..

4. Penipuan


Sering banget terjadi kasus penipuan pada toko online. Untuk itu berhati-hatilah belanja di toko online, pastikan toko tersebut benar-benar banyak penggemarnya, bisa dilihat dari story atau komen pelanggan sebelumnya. 


Nah demikian infomasi tentang kelebihan dan kekurangan tentang belanja online, semoga bermanfaat.


Wassalam,
~Ratna Fa



Baca Juga



6 comments

  1. Laaah sy jg prnh tuh ngalamin yg namanya ketipu.. Uuh kezel bgt.. Dihubungin ssh akunt jg di ttup.. Kl online itu sshnya krn gak pas ukuran ama sering telat itu aja yg sk ga sesuai ama janji...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya haha.. temen pernah ngalamin beli gamis g sesuai banget pdhl yg di display bagus pas yg dikirim kayak harga dibawah 100K pdhl hrgnya 200K lebih. kasihan..
      nyebelin ya kalo kek gituh

      Delete
  2. Tapi udah ada lho mbak online store yang membolehkan coba dulu baru bayar, eaa, bukan iklan yaak daku, hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kah.. wah pemilik toko onlinenya baek banged berarti ya percaya sama customernya.. luar biasa.

      Delete
  3. Sebagai pencinta belanja online, saya sudah ngerasain semua suka duka poin-poin di atas. Tapi karena tetap banyak manfaatnya jadi sampai sekarang memang lebih suka belanja online ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya banyak yg uda kadung jatuh cinta sama belanja online. Kalo aku masih suka yg konvensional seh hehe

      Delete

Jangan lupa komentarnya Kakak. Terima kasih sudah memberikan komentar baiknya.