Pakai Panci Presto, Siapa Takut!



Sumber: KstreetManila

Hai.. Hai.. jumpa lagi kali ini aku mau cerita perihal pengalaman memasak dengan menggunakan panci presto,  di temani Babang Jong Suk ya kwkwkwkw..

Biasanya kalau bulan puasa uda setengah jalan dan mendekati hari 'H' alis lebaran, yang selalu jadi bahan obrolan kalau nggak bikin kue ya masakan buat lebaran.

Ada nggak seh yang pernah ngalamin mau masak menggunakan panci presto tapi takut, padahal kegunaannya tuh membantu banget loh.

Panci presto selain cepat untuk memasak, lebih sehat dan kandungan gizi serta rasanya dapat terjaga dengan baik kalau kita memasak menggunakan panci presto.

Apa seh sebenarnya yang membuat kita takut menggunakannya, jadi.. panci ini biasa disebut juga dengan nama preasure cooker, sedang proses memasaknya disebut preasure cooking. Saat prosesnya yaitu menggunakan uap panas, ini neh yang paling ditakuti, uap bertekanan tinggi hasil preasure cooking.

Tapi sekarang nggak usah takut lagi yah, ada cara agar terhindar dari rasa ketakutan saat memasak menggunakan panci presto.

Sebenarnya panci presto itu sangat banget membantu loh saat memasak, selain kegunaan yang sudah disebutkan sebelumnya, menggunakan paci presto itu lebih efisien, multi fungsi, dan simple serta cepat banget.

Biar nggak takut menggunakan panci presto berikut ini yang harus kita ketahui sebelum memasak.


Memahami Cara Kerja Panci Presto

Kalau dilihat dari bentuknya panci ini sangat berbeda dengan panci biasa, tutupnya yang rapat sehingga uap air yang dihasilkan tidak akan bocor keluar dan tetap terkumpul di dalam panci sehingga suhu yang dihasilkan sangat tinggi. Saking tingginya suhu yang ada di dalam panci, bisa membunuh bakteri yang ada di dalamnya. 
Selain itu karena suhunya pun tinggi jadi lebih cepat dalam proses pemasakannya.Karena singkat membuat kandungan gizi dan nutrisi bisa tetap bertahan (sedikit yang rusak). Dan lagi jadi lebih hemat energi kan.

Nah bedanya lagi tuh, untuk panci presto ada katupnya diatas penutup panci yang berguna untuk mengeluarkan uap.


 Langkah Menggunakan Panci Presto

Sumber: pancipresto.com

1. Persiapan sebelum mulai memasak

Sebelum menggunakan panci presto periksa terlabih dahulu, untuk bagian luar dan dalam pastikan bsersih. Tidak ada sisa makanan atau kotoran baik di dalam maupun diluar serta pada tutup pancinya. Sebaiknya panci dalam keadaan baik, tidak penyok dan tidak ada tekukan. Periksalah gasketnya, gasket harus dalam keadaan baik, jangan sampai ada yang retak atau rapuh. Pastikan katup dapat bergerak bebas dan sekrup terpasang ketat.

2. Memasukkan bahan makanan ke dalam panci presto

Sebelum digunakan masukkan air terlabih dahulu, pastikan takaran air seusia dengan takaran tidak berlebihan. Sebaiknya jangan terlalu penuh mengisi air pada panci prseto (disesuaikan dengan jenis panci presto). Karena sisa di atas air akan digunakan untuk ruang uap ketika proses memasak.

3. Waktu memasak

Jika tekanan telah tercapai, kecilkan api terlebih dahulu, pastikan api stabil. Sesuaikan waktunya sesuai jenis makanan yang kita masak.
Jangan pernah meninggalkan masakan ketika menggunakan panci presto. Karena harus sesuai dengan waktu yang tercatat, jika tidak maka masakan kita akan berubah bentuk alias gagal. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan jauh panci dari sumber panas setelah selesei memasak.


Sumber: Kpop.com

(Intinya sabar ya...)



4. Cara melepaskan tekanan pada panci

Jangn terlalu terburu-buru untuk cepat melakukan tindakan melepas katup saat kondisi panci masih sangat panas. Jangan dipakas ya, alon-alon! Pokoknya sabar menanti hingga kira-kira sudah agak turun suhu panas dalam panci, kurang lebih 10 sampai 20 menit.



Hmmm.. masih mikir nggak mau pakai panci presto!

Gimana, OK khan.. nggak bakalan takut lagi deh!


Ok, demikian cara penggunaan panci presto biar nggak takut lagi.
Selamat Mencoba Ya!

Wassalam,
~Ratna Fa



Baca Juga






No comments

Jangan lupa komentarnya Kakak. Terima kasih sudah memberikan komentar baiknya.