Tips Hemat Berlibur ke Singapura dengan tiket.com

tips ke singapura, jalan jalan murah, jalan jalan ke luar negeri

Hai..
Masih ngomongin tentang liburan neh, jangan bosan ya, kalau di tulisan sebelumnya saya menuliskan pengalaman saya dan kedua teman saya saat bermain di beberapa tempat wisata di Singapura, kali ini saya ingin menuliskan perihal tips hemat liburan di Singapura, sesuai permintaan teman-teman.

Banyak yang bilang Singapura itu negeri paling mahal sedunia, emang iyah seh. Harga air mineral di sana sama dengan harga satu porsi Nasi Padang di Jakarta, sekitar 10 dolar Singapura atau lima puluh ribu rupiah, ukuran kecil. Nah kebayang dong, cuaca di Singapura itu lebih panas dari Indonesia, kalau satu botol harganya segituh mahal, bagaimana kalau seharian jalan-jalan menghabiskan berbotol-botol air mineral. Tapi jangan khawatir, ada beberapa tempat di Singapura menyediakan air minum gratis, tinggal pencet kran dan kita cukup bawa botol saja. Biasanya tempat wisata terbuka seperti Taman dan Bandara, untuk tempat wisata lainnya tidak tersedia.

Nah saya ingin berbagi cerita pengalaman liburan saya dengan kedua teman di Singapura selama 4 hari 3 malam, wiiiihhh orang kaya lama liburan di Singapura, kata teman-teman saat itu. Karena memang kebanyakan kalau berlibur ke Singapura paling lama dua hari cukup. Tapi saya dan teman sengaja ingin menjelajahi negeri Singa ini sampai puas. Beneran puas banget.
Pastinya  untuk teman-teman yang sudah sering kali liburan ke luar negeri sudah paham apa saja seh yang harus kita lakukan sebelum berangkat, tapi kalau untuk pemula (baru pertama liburan) ke luar negeri, apa saja seh yang harus di siapkan sebelum perjalanan dimulai.

Pertama, cari tiket pesawat promo, banyak maskapai penerbangan menawarkan berbagai macam promo harga tiket, nah rajin-rajin buka website setiap maskapai pernerbangan untuk mendapatkan harga tiket terbaik (paling murah maksudnya). Kebetulan kami dapat tiket promo Jet Star dengan harga yah lumayanlah di tiket.com

tiket pesawat, tiket murah, tiket promo, tiket ke singapura

Tiket Pesawat Siap Terbang
Pilihannya banyak kalian tinggal memilih jadwal keberangkatan sesuai dengan tanggal yang di inginkan, gampang banged kok tinggal pencet dengan jarimu, maka tiket pesawat sudah jadi milikmu.. cie.. cie..

jalan jalan ke singapura, explore singapura

Nah banyak kan pilihannya

Kedua, mencari tempat penginapan, mau hotel, room stay, asrama dan apapun itu, pastikan harga sesuai budget  yang teman-teman inginkan. Enaknya kalau liburan bareng teman kita bisa share budget, tapi kalau sendiri bisa cari teman kamar atau cari penginapan yang untuk backpacker, lebih murah. Saya dan teman lebih memilih hotel yang harganya terjangkau dengan fasilitas lumayan oke. Jadi selalu sabar membaca setiap review beberapa blogger yang hobby jalan-jalan. Setelah mendapatkan yang di inginkan teman-teman bisa menentukan tempat tinggal di sana.

Pesan hotel juga sama neh teman-teman, di tiket.com, jadi semuanya tinggal pilih enggak pusing lagi saat tiba di Singapura untuk cari-cari penginapan.

Saya selalu mencari lokasi hotel  dekat dengan akses  transportasi, stasiun atau halte bus, untuk menghemat waktu.  Jangan sampai lokasi hotel atau penginapan kita ternyata jauh dari stasiun atau halte bus yang harus jalan kaki jauh atau harus naik kendaraan lagi.

Pilihan kami adalah lokasinya agak gimana gituh, di District Geylang, yah kalau kalian paham lokasi ini adalah salah satu lokasi zona merah yang biasanya di hindari oleh para turis dan wisatawan. Tapi pikiran saya berbeda, maka ketika memutuskan untuk book penginapan di lokasi ini rada deg-degan juga seh, hahaha.

Hotel di Geylang Singapura, Fragrance Geylang, Singapura, cari hotel, tempat penginapan di Singapura, Hotel di Geylang

Penampakan Depan Hotel di Districk Geylang

Chek In Hotel

Supermarket Buka 24 Jam (lokasi 100 meter dari Hotel)

Secara Geylang adalah suatu daerah yang terkenal kehidupan malamnya dan (skip..) kalau di Jakarta sama dengan daerah sekitaran Lokasari, Hayam Wuruk dan sekitarnya. Tapi, siapa sangka, lokasinya aman-aman aja kok, yakin. Selama empat hari di sana, setiap hari balik hotel  sekitar jam dua belas malam, enggak ada apa-apa. Dan enggak seperti yang sudah pernah say abaca sebelumnya di artikel atau tulisan beberapa blogger perihal lokasi Geylang. Yang menyenangkan adalah, daerah ini ramai sampai pagi, jadi kalaupun pulang malam, masih ramai, beberapa restoran dan toko buka dua puluh empat jam non stop. Asyik kan!

Ketiga, tiket pesawat sudah, booking hotel sudah, saatnya membuat Itenerary, saya salah satu orang yang lebih suka membuat catatan perjalanan sebelum liburan. Mencari tahu tempat-tempat lokasi mana saja yang harus di kunjungi, dan biasanya saya lebih memilih tempat wisata non berbayar (hemat budget). Pastinya ada banyak tempat wisata di Singapura yang tanpa harus mengeluarkan biaya.

Ah enggak seru, kan tempat-tempat yang mainstream harus di kunjungi.

Enggak juga, bagi saya liburan ke negeri tetangga adalah salah satu perjalanan mengenal budaya, penduduk dan kotanya. Saya lebih menikmati suasananya saat berada di negeri orang.
Catatan ini penting buat saya, kenapa karena saya kan mulai menghitung ada berapa lokasi yang kan di kunjungi yang memerlukan biaya saat di sana. Jadwal kunjungan lokasi di sesuaikan keinginan masing-masing. Kalau saya mengambil jarak terjauh di hari kedua, hari pertama tiba biasanya lokasi tujuan yang terdekat dengan hotel.

Ke-empat, memastikan tempat tujuan, mau kemana aja selama di sana, jangan sampai waktu kita terbuang tanpa tujuan saat tiba di sana, setelahnya bingung. Saya selalu menentukan lokasi tujuan terlabih dahulu, sama seperti mencari tiket dan hotel, membaca beberapa artikel dan blog para traveler dan backpacker. Dengan demikian saya bisa memastikan biaya pengeluaran untuk transportasi-nya dan biaya tiket masuk semisal ada lokasi tujuan yang ingin dituju tapi berbayar. Enggak mau dong pas udah sampai tahu-tahu uangnya pas atau kurang, bisa gesek seh, sebaik mungkin menghindari tarik tunai di luar negeri, biaya admin-nya mahal, kecuali terpaksa dan kamu orang kayah hehehe.

Kalau kita sudah memastikan tempat tujuan wisata, mulailah menghitung budget transportasinya. Dari awal tiba dan bandara menuju hotel, hingga detail setiap perjalanan ke lokasi tujuan, harus rajin yah cari juga, jadi pada intinya rajin membaca hehe.

Kami pada akhirnya lebih memilih membeli tiket pas transportasi selama di Singapura, hemat banget dibandingkan dengan tanpa menggunakan tiket pass. Karena tujuan kami sangat banyak sekali dan kami akan tinggal dalam beberapa hari kedepan.

tips murah ke singapura, jalan jalan ke singapura, singapura, harga tiket ke singapura, hotel di singpaura

Menuju Stasiun MRT

Tiba di bandara teman-teman bisa bertanya dengan pertugas, stasiun MRT untuk menuju ke kota. Lokasinya berada di lantai UG, setelah turun ekskalator, sebelah kiri ada tempat penjualan tiket, seharga kurang lebih tiga ratus ribuan per-tiket dan ada depositonya, nanti setelah kita pulang bisa di-refund, nah ini biasanya kami gunakan untuk makan siang jika jadwal kepulangan siang atau makan malam jika  kepulangan kita sore, atau bisa digunakan untuk jajan di bandara selama menunggu jadwal penerbangan.

jalan jalan ke singapura, tips murah ke singapura

Tourist Pass Card

Tourist Pass Card ini bisa digunakan untuk MRT dan Bus selama di Singapura, asli hematnya luar biasa. Jangan lihat harganya saat kita membeli, tapi manfaatnya. Singapura itu tujuan wisata para turis seluruh dunia. Jadi bisa dibayangin dong, nah pas banget sewaktu kita perjalanan menggunakan MRT, untungnya kita sudah ada pass tiket, enggak perlu antri beli tiket yang puanjang banget, ngabisin waktu. Tinggal tempelin ke mesin cari lokasi tujuan, done oke, sama seperti di Jakarta naik Comutterline.

Antri Naik MRT

Jalan Bugis Singapura, Explore Singapura, Belanja di Jalan Bugis

Stasiun Bugis (Awas Jangan Nyasar, Banyak Bertanya Petugas)

Jalan kaki sekitaran Jalan Bugis mau mencoba naik Bus

Naik Bus menggunakan Tourist Pass Card lebih murah

Baca Juga :

Jajan Ice Cream di Haji Lane

Ngopi Cantik di Selfie Caffee Singapura

Bermain di Taman Everton Singapura

Ke-lima, cari tempat makan atau restauran halal (karena saya muslim) jadi harus mempersiapkannya jauh-jauh hari, dimana lokasi restoran halal selama di sana. Yah pasti banyak sih, tapi kan kalau kita sudah paham tempat dan lokasinya lebih memudahkan kita untuk cepat. Kebayang dong lapar banget, terus mau cari makan sudah karena enggak paham tempatnya. Habis tenaga, habis juga waktu.

Tapi, untuk menyiasati kalau-kalau kita enggak bisa menemukan lokasi tempat makan halal, atau semisal penuh banget dan kita udah enggak kuat nahan  lapar, kami memilih membawa roti tawar untuk mengganjal perut. Sebisanya mungkin sebelum jalan di hotel sudah terlebih dahulu prepare bekal roti di dalam tas. Ini membantu banget, jangan bawa cemilan snack, ingat harga air mineral di Singapura muahal hahaha.

jalan jalan ke singapura, tips hemat ke singapura

Restauran Halal di Geylang

Ke-enam, berbagi makanan atau share makan dengan teman seperjalanan. Penting banget yah kalau masalah makan di mana pun dan kapanpun, karena sejatinya perut kita enggak pernah bisa diajak kompromi kalau sudah mulai keroncongan.

Saya selalu menggunakan trik ini bersama teman seperjalanan saya. Di luar negeri kebanyakan makanan halal adalah di restoran India atau Pakistan dan sejenisnya yang selalu ada di mana-mana. Tahu dong porsi makanannya buanyak dan besar. Maka saya selalu memilih menu satu paket yang bisa di makan untuk dua tiga orang. Dengan demikian kita bisa menghemat pengeluaran dan enggak mubajir membuang makanan yang tersisa. Ini penting banget, harus saling memahami satu sama lain.
Mau makan apa? Pilih menu makanan yang semua suka.

Menu Makanan Porsi Besar, Bisa Berbagi Bersama
 Nah demikian tips perjalanan liburan saya ke negeri Singa Menangis dalam waktu empat hari (Lama Yak), iya sengaja karena saya dan teman benar-benar ingin menikmati setiap tempat dan daerah di sana dengan biaya semurah mungkin dan hemat budget. Untuk lebih memudahkan pemesanan tiket dan hotel teman-teman bisa menggunakan tiket.com. Jadi sebelum keberangkatan pastikan terlebih dahulu mencari tiket pesawat murah dengan harga promo. Ada banyak pilihan harga setiap tanggal keberangkatan di sana. Selain itu bisa juga memilih hotel yang di ingin sesuai budget anggaran. Yang pasti banyak promo dengan harga terjangkau di setiap harinya.

Caranya, gampang tinggal buka aplikasi tiket.com atau website-nya, ada banyak pilihan dilayar utama. Sekali tekan dengan jarimu, semua pemesanan tiket dan hotel sudah bisa teman-teman save untuk liburan kalian. Pembayarannya gimana, ada pilihannya ingin menggunakan cash, kartu debit, atau kartu kredit, semua sudah ada penjelasannya di aplikasi ketika kita memulai untuk membuka pemesanan.

Mudahkan!

Wassalam,
~dha

explore singapura, tips murah ke singapura, jalan ke singapura, traveling singapura