Ipoh Malaysia

 



Ipoh Malaysia

Ngobrolin tentang Ipoh pasti yang ada di kepala kita adalah "White Coffee" nya yang hmmm... bikin nagih dan ngangenin yah.

Ipoh adalah salah satu kota negeri Malaysia yang tak kalah terkenal juga dari beberapa kota wisata di negeri jiran. 

Ipoh adalah ibukota negara bagian Perak, Malaysia. Berada di area sungai Kinta, di utara sekitar 180 km dari kota Kuala Lumpur dan 123 km dari arah Tenggara kota George Town ibu kota negeri Pulau Pinang. 

Nama Ipoh konon berasal dari kata pohon lokal, pohon Epu. Sekarang lebih terkenal dengan nama Pokok Ipoh. Getah pohon ini beracun dan dulu sering digunakan oleh Orang Asli (Masyarakat Asli Malaysia). Nah getah beracun ini diolesi ke ujung anak panah dari sumpit untuk keperluan berburu.

Ipoh memiliki iklim hujan tropis, yang serupa dengan Indonesia. Jadi, saat memutuskan travelling ke sana kita bisa memilih musim apa untuk berkunjung, dan saat musim panas cuacanya memang sangat panas sekali. So, jangan salah menggunakan pakaian saat musim panas, karena kalau salah kostum sudah pastinya akan membuat kita enggak akan nyaman saat wisata mengelilingi kota Ipoh.

Sebenarnya berdasarkan sejarah Ipoh sendiri dulunya merupakan negara penghasil timah terbesar di Malaysia sekitar tahun 1880. Seiring berjalannya waktu, timah semakin tahun semakin menipis dan harganya pun merosot akhirnya terabaikan, sekitar tahun 1970-an.

Jadi, dengan kata lain Ipoh sudah sejak lama sudah sangat terkenal sebelum menjadi kota wisata yang banyak dikunjungi turis baik dalam negeri maupun luar negeri.

Destinasi wisata Ipoh saat ini sangat digandrungi oleh para pelancong karena kotanya yang artistik, banyak sekali peninggalan sejarah jajahan Inggris di sana, dari bangunan hingga kulinernya. Selain itu pemandangan kotanya juga bisa jadi salah satu faktor utama kenapa para traveller suka berwisata ke sana.

Ipoh juga terkenal sebagai kota terbersih di Malaysia loh.

Saat pertama kali menjejakkan kaki di Ipoh memang terlihat sekali kotanya tertata rapi dan enggak ada bau-bau aneh yang sering aku rasakan saat berada di kota lain.

Buat pecinta kopi dan kuliner cukup berkeliling di pusat kota Ipoh, kita sudah bisa menikmati semuanya tanpa perlu ke mana-mana. Karena di daerah sekitar China Town Ipoh, kita akan dimanjakan dengan banyaknya cafe dan restoran di sepanjang jalan. Hampir setiap bangunan semua menjual kopi dan makanan asal perut dan uang tersedia dengan aman, maka kalian bisa menikmati semua jenis minuman kopi ala Ipoh dan kulinernya yang terkenal.

Untuk kalian traveller muslim sebaiknya sebelum masuk restoran atau tempat makan di sana lebih baik bertanya terlebihi dahulu perihal kehalalan makanannya. Akan tetapi banyak juga restoran yang sudah memasang label halal di depan restoran. Akan tetapi tetap saja berhati-hati enggak ada salahnya khan.

Yang suka berswa photo atau suka photo dengan tempat-tempat yang instagramable, jangan khawatir di Old Town Ipoh hampir seluruh jalan dan bangunan di sana bisa dijadikan tempat untuk berphoto karena semua bangunan dan lorong jalan di sana dipenuhi dengan lukisan mural dan berbagai bangunan artistik peninggalan Inggris yang okeh banget untuk berphoto-photo.

Untuk transportasinya sendiri bisa langsung dengan menggunakan pesawat atau yang ingin dari Kuala Lumpur bisa menggunakan kereta cepat, pernah aku bahas ditulisan sebelumnya, (baca : Kellies Castle Malaysia ).

Nah yang kangen liburan, tempat wisata ini bisa jadi salah satu refrensi liburan teman-teman semua.


Bye!


ipoh-malaysia
salah satu restoran Non Halal


ipoh-malaysia
lorong-lorong jalan di Ipoh



ipoh-malaysia
depan Stasiun Ipoh


ipoh-malaysia
salah satu spot ketjeh buat berphoto



ipoh-malaysia
ada banyak mural pelukis terkenal juga



ipoh-malaysia
kelihatan khan bersihnya


beberapa toko dihias dengan lukisan menarik


depan toko dan restoran yang bisa dijadikan spot photo juga


bangunan tua yang tetap seperti semula dijadikan galeri pakaian


spot artistic  yang ada di Old Town Ipoh


gang dalam gang yang bisa juga dijadikan spot photo cantik


mural yang hits di lorong Old Town Ipoh

ipoh-malaysia
salah satu spot favorit yang berada di trotoar jalan raya Old Town Ipoh




Posting Komentar

0 Komentar