Kellie's Castle Malaysia


"kellies-castle"

Kellie's castle adalah sebuah rumah yang  belum selesai dibangun oleh sang pemilik perkebunan Skotlandia bernama William Kellie-Smith. Lokasinya ada di Batu Gajah, Distrik Kinta, Perak, Malaysia. 

Konon katanya kastil ini dibangun oleh Smith untuk hadiah sang istri yang sangat ia cintai, Agnes. Sayangnya pembangungan kastil terhenti sebelum Agnes menikmatinya. Banyak cerita yang mengatakan pembanguan kastil terhenti dikarenakan kurangnya dana. 

Kastil pertama kali dibangun pada tahun 1915 lalu pembangunannya terhenti di tahun 1926, di mana Kellie meninggal terlebih dahulu disebabkan pneumonia sebelum pembangunan kastil rampung. Kellie meninggal dunia pada usia 56 tahun saat perjalanan ke Lisbon, Portugal. Demikian kisah singkat tentang berdirinya kastil Kellie.

Sejak tahun 2014 kastil ini dijadikan objek wisata oleh pemerintah negeri Perak, lalu menjadi sangat populer hingga ke seluruh dunia sampai saat ini dan terkenal dengan nama Wisata Dunia Roh Malam.

Kenapa dinamakan seperti itu karena menurut cerita dari salah seorang penjaga kastil saat malam tiba ada penampakan roh Kellie di sekitar kastil. 

Selain sebagai tempat wisata kastil Kellie pernah juga dijadikan sebagai tempat lokasi shooting Anna and The King yang sangat populer pada tahun 1999.

Banyak cerita perihal kastil Kellie dan berbagai cerita mistis lainnya. Alih-alih mempercayainya saya justru lebih tertarik dengan bentuk dan tektur bangunannya yang artistik. 

Lihat saja bahan bangunannya serupa dengan bangunan yang ada di India, dan ternyata memang untuk batu bata dikirim dari negeri India. Saat saya berada di sana, tak hentinya saya mengagumi bangunannya ketimbang kisah mistiknya.

Saat saya sampai di kastil Kellie sekitar jam satu siang dengan cuaca sangat panas, saat itu tak banyak pengunjung. Lokasinya berada di tengah hutan dengan jalanan lalu lintas sepi, dari kejauhan terlihat gunung dan pemandangan yang indah.

Di depan pintu masuk kastil ada sungai Kinta yang mengelilinginya, sebuah jembatan yang indah dibangun semakin mempercantik pemandangan sebelum memasuki kawasan kastil.

Asli memang bagus untuk ber-swa photo dan mengabadikan banyak gambar di sana. Tak bisa dipungkiri kalau kastil ini sangat terkenal dan instargamable.

Untuk sampai di lokasi kastil saya berangkat dari Kuala Lumpur naik kereta cepat Malaysia, untuk pemesanan tiket bisa di sini KTM online

Sekedar menginformasi, dikarenakan destinasi ke Ipoh sangat banyak peminatnya sebelum berangkat ke Malaysia sebaiknya sudah booking tiket kereta terlebih dahulu, Karena jika tidak, beli on the spot sulit akan mendapatkan tiket atau bisa dikatakan tidak ada pelayanan tiket on the spot

Karena pada saat itu saya tidak melihat adanya antrian pembelian tiket di tempat, semua penumpang sudah memegang tiket masing-masing untuk masuk ke jalur kereta.

Dari stasiun KL Sentral yang letaknya ada di dalam mall tepatnya di lantai 1, bisa tanya dengan petugas keamanan. Jadwal keberangkatan pagi hari awal pukul 8 pagi tiba di Ipoh pukul 11 siang. Pastikan untuk tepat waktu, karena tidak ada toleransi kalau tertinggal kereta,

Stasiun pemberhentian untuk ke kastil Kellie adalah stasiun Batu Gajah. Nah dikarenakan peminatnya banyak, kalian bisa memilih kereta jurusan Ipoh lalu berhenti di stasiun Batu Gajah.

Bisa dari stasiun Ipoh? Bisa juga, tapi sangat jauh, Jadi lebih baik turun di stasiun Batu Gajah yang berjarak kurang lebih lima belas menit. Sementara dari Stasiun Ipoh kurang lebih satu jam, dan arahnya balik lagi ke Stasiun Batu Gajah. Dari stasiun langsung pesan grab online, karena tidak ada kendaraan umum untuk menuju kastil. 

Sebaiknya sebelum berangkat pastikan membawa makanan atau cemilan, di tempat wisata kastil Kellie hanya ada satu toko penjual makanan ringan dan minuman. Tidak banyak pilihan, maka lebih disarankan untuk membawa sendiri.

Dan jangan lupa bawa banyak minuman air putih, udara di sana sangat panas membuat tenggorokan selalu kering, maka agar tidak dehidrasi bawalah minuman sesuai kebutuhan.

Yang pasti semua akan terbayarkan jika sudah sampai di tujuan. Demikian cerita singkat perjalanan ke Kellie's Castle Malaysia.

"kellies-castle"
tempat pembelian tiket masuk- seharga 10 RM/orang

"kellies-castle"
halaman depan sebelum pintu masuk

"kellies-castle"
jembatan menuju ke kastil
"kellies-castle"
samping kiri kastil 

"kelies-castle"
bangunan di sebelah kiri kastil

"kellies-castle"
pemandangan dari atas atap kastil

"kellies castle"
lantai 1 kastil 

"kellies-castle"
tangga menuju kastil
"kellies-castle"
tampak samping sebelah kanan kastil

"kellies-castle"
dalam kastil-karena back light tidak banyak photo diambil

"kellies-castle"
bagian teras kastil

Posting Komentar

0 Komentar