Tips Mengelolah Keuangan di Masa Pandemi

 

"tips mengelolah keuangan di masa pandemi"


Tips Mengelolah Keuangan di Masa Pandemi

Hai sahabatku..

Semoga kalian selalu dalam keadaan sehat semuanya ya.

Enggak kerasa ya uda tahun 2021 di hari ke sebelah, gimana.. resolusi yang kalian udah buat, apa ada yang uda berjalan dengan baik atau masih gitu-gitu aja sama kayak tahun sebelumnya.

Masa pandemi, hidup sulit, semua kegiatan dibatasi tapi jangan sampai pola pikir kita pun ikut terbatas loh ya...

Kali ini aku mau berbagi cerita sedikit tentang pengalaman pribadi, sebenarnya tulisan ini aku buat sebagai request dari seorang teman di mana doi ngalamin banget masa-masa krisis selama tahun 2020.

Bukan tanpa alasan seorang teman sekedar sharing, bagaimana doi bersusah payah untuk tetap bijak menggunakan uang saat masa sulit seperti sekarang.

Kalian tahu sendiri khan, gimana susahnya ekonomi kita dan bahkan seluruh dunia mengalami hal yang sama. Semuanya merasakan dampaknya dari wabah virus Corona.

Nah berawal ngobrol perihal rencana liburan yang tertunda karena masih masa pandemi sampai pada akhirnya obrolan tentang bagaimana sih caranya agar di masa pandemi ini keuangan kita tetap stabil karena hampir semua teman bercerita dengan adanya kerja di rumah tidak menutup kemungkinan untuk tidak boros dalam menggunakan uang apalagi promo belanja online bikin ngiler dan aksesnya pun sangat mudah sekali, tinggal klik kapan pun di manan pun langsung bisa bayar, udah deh beres.

Jadi masa pandemi itu bukannya irit malah makin boros loh.. kata salah seorang teman.

Baiklah.. sahabatku, kalau aku sendiri punya tips dalam mengelolah keuangan biar enggak boros dan hemat selama masa pandemi, gini ceritanya..


1. Wajib Menabung Untuk Masa Depan

Pastikan setiap abis gajian harus yang namanya sisihkan uang untuk tabungan, jangan berapa aja yang penting nabung tapi tetapkan nominalnya sesuai dengan keuangan sahabat masing-masing,

Kalau aku gajinya enggak bulanan gimana?

Ya udah berarti setiap saat bisa nabung dong.

Aku sejak pertama kali masuk dunia kerja langsung buka rekening dan menabung itu wajib hukumnya, nominalnya sudah aku sesuaikan dengan berapa jumlah gaji yang aku perolah setiap bulan dan itu bisa berubah karena khan setiap tahun gaji kita juga naik.

Oh ya, pastikan untuk tabungan ini kalau bisa jangan menggunakan atm, buat menghindari sahabatku yang enggak bisa nahan kalau lihat atm di dompet, ya khan.

Ah ribet kalau uda gajian di atm langsung suka habis deh, yah udah bisa ikutan tabungan debet automatis. Ini sangat membantu banget loh.

Aku pernah ikut tabungan auto debet selama beberapa tahun dan hasilnya bisa dinikmati untuk banyak kebutuhan salah satunya traveling rutin setiap tahun.

Percaya deh kalau sahabatku bisa melakukan hal ini, hidup kalian pasti menyenangkan.

Jangan dahulukan bayar tagihan ya, tapi utamakan menabung.

Selain itu tabungan ini bisa kalian gunakan sewaktu-waktu jika ada kebutuhan mendesak, ya khan kita enggak tahu tiba-tiba ada saja keperluan dadakan. Seperti saat ini, wabah melanda.

Kita enggak akan tahu masa seperti ini akan berlangsung sampai kapan. Banyaknya perusahaan yang gulung tikar seharusnya membuat kita berpikir lebih bijak untuk hidup kita sendiri, ya khan.

Jadi saat suatu hari tiba-tiba kita berdampak kena phk, enggak akan panik dan khawatir karena sudah punya cukup tabungan. Tidak ada yang bisa menjamin hidup kita nanti khan.


2. Jangan Download Aplikasi Belanja Online

Nah kalau yang satu ini pasti sahabatku rada susah-susah gampang yang hobby-nya shopping.

Buatku belanja itu harus sesuai dengan kebutuhan kalau enggak penting banget plis tahan diri, jaga tangan dan kalap mata ya sahabatku.

Bener sih, tawaran diskon dan promo itu sangat menggiurkan, Ah tinggal rebahan buka ponsel, pilih, klik, bayar, done tinggal nunggu barang datang.

Ini tuh banyak banget yang dikeluhin sama semua terutama kaum perempuan. Kata siapa masa pandemi enggak bisa keluar rumah tapi justru malah asyik bisa belanja via online apalagi kalau ada tawaran yang menggiurkan caseback-lah, dapat hadiahlah, point-lah dan pembayaran penggunaan kartu kredit tanpa bunga, duh rasanya hidup indah banget khan.

Tapi.... enggak kerasa tahu-tahu duit lenyap dan tagihan bengkak.

Kalau aku selama ini untuk mengatasi bagaimana caranya agar tidak mudah belanja online adalah dengan tidak install aplikasi belanja online di ponsel, kecuali terpaksa lalu uninstall lagi.

Percaya deh salah satu tips ini sangat membantu banget loh. Tapi ada syaratnya dengan keinginan yang sangat kuat dan kemauan yang sangat keras ya sahabatku untuk dapat melakukannya.

Karena bagi sebagian orang yang sudah terbiasa suka shooping susah banget untuk melakukan tips nomor dua ini.

Tapi yang penting berusaha dulu ya.


3. Perbanyak Kegiatan Kreatif  Untuk Menghasilkan Cuan

Tips terakhir dari aku buat sahabatku adalah perbanyak kegiatan kreatif yang bisa menghasilkan uang.

Ah.. elo mah enak punya bakat.

Yah, elo mah bisa ini itu... gue.

Mau kreatip gimana udah susah.

Tuh khan belum-belum udah ngeluh duluan.

Jadi, selama masa pandemi khan kita punya banyak waktu luang, karena kegiatan di luar rumah dibatasi, maka kenapa kita enggak mencoba mencari kegiatan yang bisa mendapatkan uang.

Emang ada..

Banyal banget, di era digital ini, kita bisa mendapatkan beragam informasi dari media sosial tentang hal apa pun yang punya kegiatan positif dan akhirnya dapat cuan. Bahkan yang awalnya cuma iseng bisa dapat duit, ya khan.

Sebagai contoh adalah merawat bunga.. nah sekarang banyak khan yang udah berhasil bisa dapat uang dari kegiatan yang awalnya iseng.

Dengan banyak di rumah kita bisa banyak melakukan kegiatan yang bermanfaat.

Aku engga bisa ngapa-ngapain..

Ih udah insecure duluan.

Tuhan menciptakan manusia dengan otak dan akal yang bagus, yakin semua pasti bisa asal ada kemauan, Jadi jangan bilang enggak bisa.

Sekarang ini sahabatku coba deh gali lebih dalam sukanya apa, senengnya ngapain lalu cari celah dan informasi yang banyak untuk menambah wawasan yang pada akhirnya bisa jadi orang kreatip. 

Banyak kok teman-teman yang hobby masak bisa jadi usaha, hobby jahit, nulis dan sekedar iseng motret akhirnya dibayar buat produk jualan teman. Bahkan hobby pakai make up aja bisa dapat uang.

Jadi.. paham khan bahwa sebenarnya masa pandemi ini banyak hal yang bisa kita lakukan selain banyak mengeluh.

Oke, demikian sharing dari aku perihal bagaimana caranya mengelolah keuangan di masa pandemi, Aku yakin semuanya pasti bisa kok melakukannya.

Bismillah ya semoga berhasil.

See you..

Wasalam..



Post a Comment

0 Comments