Sate Klopo Ondomohen Bu Asih Surabaya

 

kuliner surabaya, sate klopo ondomohen bu asih, sate klopo surabaya, kuliner surabaya, surabaya, kota surabaya, balaikota surabaya

Sate Klopo Ondomohen Bu Asih Surabaya

Finnaly akhirnya bisa update tulisan lagi di blog ini, setelah sekian bulan absen.
Kali ini aku mau bahas tentang kuliner yang ada di Kota Surabaya, Jawa Timur.

Kebetulan sewaktu traveling ke Surabaya bareng teman aku sempat diajak mampir ke tempat makan yang konon katanya hits di Surabaya. Yups, Sate Klopo Ondomohen Bu Asih.

Sebenarnya awal rencana aku dan seorang teman mau photo di sekitar Balai Kota Surabaya, tapi siapa sangka kalau lokasinya tuh deket banget, bisa jalan kaki dan sampailah di lokasi.

Tepat berada di Jl. Walikota Mustajab No. 36, Ketabang Genteng Surabaya. Rumah makan sederhana ini sangat mudah teman-teman temui, karena papan reklame terlihat jelas terpampang di depannya.

sate klopo ondomohen bu asih, kuliner surabaya, kota surabaya, suroboyo, kuliner indonesia, balaikota surabaya, jalam genteng surabaya, kuliner sate, sate indonesia


Dari Balai Kota Surabaya cukup berjalan kaki lokasinya tuh deket banget sekitar sepuluh menitan, sepanjang jalan Genteng. Karena saat itu kebetulan wekend jadi jalur jalan raya enggak begitu ramai. Nah, pas kebetulan bertepatan dengan jam makan siang, singgahlah kita ke tempat ini.

Awalnya aku pikir sate biasa aja yah mirip sate ayam pada umumnya, tapi karena kata teman tempat ini hits dan enak serta pengunjungnya selalu ramai. Aku pun antusias, jalan kaki di tengah terik siang bolong.

Sesampainya di depan lokasi rumah makan, awalnya terlihat sepi, seperti penampakan pada photo yang aku ambil di atas sebelumnya. Pas baca papan namanya, Sate Klopo, aku sempet berpikir sebentar, sate pakai kelapa, gimana rasanya yah. Asli, aku belum pernah baca ulasannya tentang tempat makan satu ini, jadi rada penasaran.

Tiba di tempat makan, aku pesan satu porsi plus lontong, kenapa pakai lontong, saat baru masuk aku lihat ada pengunjung lagi makan pakai lontong dan lontongnya tuh keliatan banget kayaknya enak gituh, akhirnya ikutan pesan.

Penuh ternyata di dalamnya, beberapa sedang antri dan juga pesanan by online pun ramai setelah beberapa saat aku tiba. 

sate klopo ondomohen bu asih, kuliner surabaya, kuliner indonesia, sate indonesia, kota surabaya, sate madura, balaikota surabaya, makan sate di surabaya, kuliner nusantara, sate madura



Agak menunggu lama, mencium aroma sate yang di bakar tepat di depan membuat perutku makin enggak sabar menanti pesanan. Aku pun penasaran, sambil memperhatikan proses pembakaran sate tepat di hadapan kami. 

Sekitar lima belas menit pesanan sudah tersedia.

Oh ternyata seperti ini penampakannya.

sate klopo ondomohen bu asih, sate surabaya, sate madura, kuliner surabaya, kuliner indonesia, kuliner nusantara. balaikota surabaya, makan sate di surabaya, jalan genteng, jalan balaikota, traveling surabaya, backpacker surabaya, jalan-jalan ke surabaya,


sate klopo ondomohen, kuliner surabaya, kuliner indonesia, kuliner nusantara, sate madura, sate surabaya, traveling, backapcker, kuliner surabaya, balaikota surabaya, jalan genteng, jalan balaikota surabaya, makan sate di surabaya, sate kelapa surabaya, traveling, jalan-jalan, liburan, surabaya, kota surabaya, surabaya


Jadi yang di maksud dengan Sate Klopo, satenya sama seperti pada umumnya, yang berbeda di setiap tusukan daging ayamnya ada taburan parutan kelapa jadi saat dibakar itu aroma kelapanya berasa banget di hidung,

Untuk bumbunya ada dua pilihan, bumbu sambal kacang atau kecap. Untuk sambal kacangnya sendiri memang enak banget, berasa gurih dengan ditaburi irisan bawang merah dan cabe rawit. Daging ayamnya empuk, meski ada beberapa yang sedikit gosong banget, dibakar di atas arang. Tapi tidak membuat rasanya berbeda, asli bikin makin lahap menyantapnya. Karena kematangannya pas digigit berasa empuk dan gurih aroma taburan parutan kelapa yang di bakar jadi terasa berbeda.

Bumbu satenya lebih berasa, dan sate bakarnya itu empuk, gurih yah enak deh pokoknya. Yang pasti kalau teman-teman mau incip kuliner Surabaya satu ini dijamin memuaskan.

Untuk penyajiannya, sate terpisah dengan lontong atau nasinya. Nah lontong dan nasi di sisi pinggirannya di taburi serundeng kelapa. 

Gimana dengan harganya? Yah standarlah yah sama harga seporsi sate kebanyakan, 20K untuk 10 tusuk sate ayam untuk lontongnya 3K perbuah.

Untuk lontongnya yang aku suka banget, punel dan enak. Mungkin karena aku pecinta lontong jadi makan lontong di sini benaran enak banget.

Oh iya selain sate ayam ada juga tersedia sate daging sapi, usus dan udang.

So, buat teman-teman yang hobby traveling jika berencana ke Surabaya, kuliner satu ini bisa masuk dalam list kalian.

Jam buka Sate Klopo Ondomohen Bu Asih: 06.30 pagi sampai 11 malam.


Wassalam.



Post a Comment

4 Comments

  1. Replies
    1. Ndang nyoba Mas kalo mampir ke Surabaya, asli enak tenan Rek!

      Delete
  2. Waaah lgs laper aku bayanginnya mba :). Udah lama bgt ga ke Surabaya. Trakhir kesana malah ga sempet kulineran. Jd ga terlalu tau banyak kuliner2 di sana.

    Tapi ngeliat sate kelapa ini beneran pengen ih. Sbrnnya akhir dec ini aku bakal ke solo. Udah bujukin suami utk lanjut sampe Surabaya, eh dianya emoh. Masih jauh walopun pake tol baru :D. Padahal udah bayangin bisa kulineran di sana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Happy traveling Mba, aku juga pengen ke Solo tapi belum berani, Semoga bisa ke Surabaya next time ya dan dirimu menikmati kuliner ini.

      Delete

Jangan lupa komentarnya Kakak. Terima kasih sudah memberikan komentar baiknya.