Squishy Mainan Yang Digandrungi Anak-anak Jaman Now

gumetree.co.za

Squishy adalah mainan lunak yang terbuat dari bahan busa PU dari negeri Sakura, Jepang, ini lagi ngetrend banget dan digandrungi anak-anak dan remaja jaman now.

Mainan ini sebenarnya dari sebuah produk bola stress, dengan berbagai macam bentuk dan ukuran, baik berupa makanan, hewan dan benda-benda mati laiinya. Konon mainan ini bisa mengurangi tingkat stress setiap kali "meremas"nya.

Squishy pertama kali diciptakan pada tahun 1937 oleh seorang bernama Otto Bayer. Dan bahan yang paling banyak untuk dibuat adalah Polyurethane. Mainan ini sangat populer di Amerika bahkan masuk dalam sebuah majalah "Newyork Time". Namun di Denmark, penjualan mainan ini dilarang dikarenakan sebuah badan penelitian "Danish Enviroment Protection Agency" melakukan pengujian pada sample 12 mainan, dan terbukti mengandung zat berbahaya Dhimethylformamide, lalu semua mainan Squishy dibuang dengan aman sebagai limbah rumah tangga. Sementara di Norwegia, dikeluarkan dari negaranya karena potensi berbahaya tersedak dan tertelan pada anak-anak. 

Seiring berjalannya waktu mainan tersebut kini makin ngetrend di kalangan anak-anak dan remaja, dan pemasoknya bukan hanya dari negeri pemulanya Jepang tapi dari Korea dan China ikut membanjiri pasar mainan penjualan Squishy di Indonesia.

Cara memainkan pada umumnya di tekan-tekan atau dipencet-pencet. Beberapa Squishy bersifat Low Rising dalam artian bisa kembali seperti semula setelah ditekan-tekan. Dan yang bikin wow nya lagi, begitu menjamur toko-toko penjualan mainan ini baik di gerai Mall dan toko online dengan berbagai bentuk dan warna yang memikat. Bahkan ada salah satu youtuber terkenal yang selalu memposting tentang mainan ini dan di ikuti oleh semua penggemarnya.

Ada dua jenis Squishy :

Common Squishy
Terdiri dari :panda bun, onsen bun, emoticon bun, dan lain-lain. Common squishies ini juga terbilang murah harganya. Biasanya dibawah Rp40 ribu untuk yang ukuran jumbo.


Licenced Squichy
Terdiri dari : I-Bloom (peach, milk bottle, baby bear, dll), Hello Kitty Doughnut, Bear Doll, dan lainnya. Licensed squishies ini memiliki harga yang ‘wow’, yaitu kisaran 100 ribu-300 ribu.

Bicara tentang manfaat, sepertinya mainan ini lebih pro untuk kalangan remaja yang paham dan sudah mengerti, sedangkan untuk anak-anak membutuhkan pengawasan orang tua saat bermain. Pengalaman ponakan saya usia enam tahun saat meminta dibelikan mainan ini, diam-diam dia menggigitnya, dan beruntung diketahui oleh saya.
Jadi, sebaiknya untuk anak-anak perlu diberikan penjelasan khusus dan didampingi agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Karena mainan ini memang sangat mirip aslinya dan anak-anak cenderung penasaran, selain bentuknya gemesin dan aromanya yang wangi. 

Meski begitu harga mainan ini pun tergolong sangat mahal.
Untuk para orang tua jika ingin membelikan mainan jenis ini perlu diperhatikan adalah kualitas catnya, agar aman memilih bahan cat yang aman dan tidak bersifat toksik. Baca terlebih dahulu isi kandungan dikemasan sebelum membelinya agar aman untuk anak-anak.
Pilih jenis Squishy yang tidak mudah sobek, agar saat dimainkan pleh anak tidak tertelan dan ukurannya pun juga harus diperhatikan.

Yang terpenting, harus selalu dalam pengawasan orang tua saat anak-anak usia antara 1-6 tahun saat bermain Squishy.Dan jangan biarkan anak menonton video perihal Squishy sendirian, beberapa video yang belum cocok untuk anak-anak ada beberapa tayangan video cara merebus Squishy (ini sangat berbahaya).

Oke, demikian informasi perihal mainan yang super gemesin dan ngetrend, Squishy. Semoga informasinya membantu.



Salam,
~Ratna Fa


Sumber: https://en.wikipedia.org/wiki/Squishies


Baca Juga:
Rute Bus Damri Dari Citraraya Cikupa Ke Bandara Kini Sudah Ada



15 comments

  1. Ini tuh mainanbya emang lucu banget. Kenyal-kenyal gimana gitu. Tapi harganya seringkali tidak murah sodara-sodara. Hiks.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Mba Apriel salam kenal..
      Iya bingits gak masuk akal yah.

      Delete
  2. Aku tiap anakku minta mainan ini gak pernah aku beliin. Ahahaha. Mahalnya doang, manfaatnya dikit.

    ReplyDelete
  3. Awalnya di sayang sayang itu squisy , egh pas bosen di lempar lempar begitu aja, agh males beliin lagi

    ReplyDelete
  4. Gemes deh kalau udah lihat squisy..bawaannya pengen ngeremes aja.. sayang harganya mahal-mahal ya..
    Saya kalau beli paling yg harga di bawah 100.000 hehehe...

    ReplyDelete
  5. Hehehe.. aku malah gak suka mainan beginian, Mbak. Geli aku.. gak guna juga buatku. Makanya mending aku beli lipstik 😄

    ReplyDelete
  6. Ini mainan anakku nih, sering banget dia beli mainan beginian, bentuknya lucu hampir mirip sama aslinya

    ReplyDelete
  7. Mainannya bisa meredakan stress karna kenyal2 kalau dipegang..anakku aja yg udah gde seneng banget nih Squishy

    ReplyDelete
  8. Siswa daku pernah bawa squishy, dia bilang kalau lagi bete ini jadi temanku, miss dari pada main yang nggak jelas

    ReplyDelete
  9. Squishy itu memang gemesin tapi kita juga harus melihat kualitas bahannya agar aman

    ReplyDelete
  10. Saya awalnya ga habis pikir,kenapa anak anak SD hingga SMA suka banget dengan mainan aneh ini..tetnyata ada manfaatnya jug yaa diciptakan maianna ini

    ReplyDelete
  11. Squishy bikin gemesh deh... Hahahaha... Tp skrg byk juga yg jualan dg harga yg murah ya, apakah itu kw kah?

    ReplyDelete
  12. pokoknya setiap permainan apapun jangan biarkan anak main sendirian, harus didampingi oleh orang tua agar mereka bisa ber-interaksi

    ReplyDelete
  13. Anakku yang abege suka beli mainan gini, tapi menurutku manfaatnya gak seimbang sama harganya, muahaaaal 😅

    ReplyDelete

Jangan lupa komentarnya Kakak. Terima kasih sudah memberikan komentar baiknya.