Tips Berpuasa Untuk Anak Kecil

Sumber: IST photo

Hai.. cepat yah puasa uda mau berakhir aja, tinggal beberapa hari lagi.

Selama bulan puasa ini kebetulan aku kerja di rumah. Nah seringnya maen nemenin ponakan. Ada yang berusia 11 tahun dan 7 tahun. Mereka bersepupuan, dua-duanya perempuan.

Yang 11 tahun kelas 6 SD (sudah lulus Alhamdulillah), namanya Shakilla. Kalau yang 7 tahun baru mau masuk SD, namanya Alea.

Kebetulan tahun ini pertama kalinya Alea puasa, sebelum memasuki bulan puasa sudah kita info perihal kewajiban muslim untuk puasa. Banyak banget pertanyaan dari Alea. Belajar baca niat puasa dan berbuka. Alhamdulillah dua hari sebelum puasa sudah hafal.

Beruntung si Kakak Shakilla selalu di rumah karena selesei ujian akhir  Jadilah selama puasa Alea ada teman bermain.

Hari pertama puasa Alea begitu antusias, ikut sahur dan puasa setengah hari. Jadi setiap berbuka puasa dia yang selalu kami kasih tugas untuk membaca doa berbuka.

Hari kedua alhamdulillah lancar. Dan sampai hari ketiga kita kasih semangat untuk mencoba puasa full. Awalnya dia nggak mau, tapi sama Papanya di kasih hadiah kalau bisa puasa Full, sepeda baru.

Akhirnya.. dia mau.
Nah ini berjalan seminggu.. meski setelah masuk waktu Ashar nggak bergerak di depan TV hehe.. (setidaknya dia mau belajar).

Suka nanya.. 

Alea : Kenapa harus puasa Tante?

Aku : Biar dede ngerasain gimana rasanya lapar jadi orang nggak punya makanan.

Alea : Kasihan yah Tante.. lapar.. ini aku aja berasa lapar.

Aku tersenyum, dia paham akhirnya. Alhamdulillah.

Biasanya kalau dia sudah mulai ngoceh haus dan lain-lain kita alihkan pembicaraan lain atau kita ajak tidur biar lupa.

Masuk minggu ketiga kebetulan ujian TK, 

Alea bilang, aku nggak puasa full ya.. Ma.. khan ujian.. haus Mama.

Sampai hari ini alhamdulillah Dede Alea masih puasa ditemani Kakak Shakilla bermain di rumah selama ujian dan libur sekolah.

Jadi, ada baiknya untuk memberikan semangat berpuasa pada anak-anak nggak apa-apa dikasih hadiah, agar dia semangat.

Karena aku pun dulu seperti itu sama almarhum Bapak, kita selalu dikasih hadiah setiap full puasa meski setengah hari saat masih belum duduk di bangku sekolah dasar.

Wassalam,
~Ratna Fa







No comments

Jangan lupa komentarnya Kakak. Terima kasih sudah memberikan komentar baiknya.