Enggak berasa yah kita sudah berada di bulan Syahban. Itu berarti sebentar lagi Ramadhan tiba.

Nah ngobrolin tentang bulan Ramadhan, beberapa iklan di televisi sudah banyak banged promoin dari makanan sampai pakaian dan sarung, padahal masih setengah bulan lagi ya teman-teman.

Berbagai macam cara banyak dilakukan untuk menyambut kedatangan bulan suci Ramadhan loh. Tapi ada yang sering kita lupakan ketika kita ber-uforia menyambut Ramadhan.

Syahban.. yah bulan Syahban adalah bulan yang sering banged terlupakan ketika menjelang Ramadhan.  Bulan Syahban adalah bulan keberkahan. Bulan diangkatnya amalan  manusia oleh Allah SWT. Bahkan baginda Rasululloh banyak sekali loh melakukan beberapa amalan saat bulan Syahban, apa aja seh.

1. Perbanyak Puasa.

Puasa di bulan Syahban menurut Rasululloh selain sebagai latihan fisik dalam menyambut bulan Suci Ramadhan, puasa di bulan Syahban mendapatkan pahala yang berlimpah. Ibaratnya ketika kita akan memasuki medan perang, maka fisik kita haruslah kita latih agar ketika kita masuk di bulan Ramadhan, kita akan terbiasa. Perbanyak puasa di Bulan Syahban, untuk mempersiapkan fisik dan mental secara lahir saat menyambut Ramadhan.

2. Membaca Al-qur'an.

Saking sibuknya kadang kita suka lalai atau lupa membaca Al-qur'an. Lebih sering buka ponsel nge-chek media sosial ketimbang bacaan Al-qur'an. Nah sebulan menjelang Ramadhan, memperbanyak membaca Al-qur'an juga merupakan salah satu latihan dan pembelajaran untuk mendisplinkan diri kita. Saat Ramadhan tiba, bacaan kita sudah baik dan lancar, jadi bisa tamat membaca Al-qur'an berkali-kali.

3. Perbanyak Dzikir.

Sering-seringlah berdzikir, kemungkinan ada banyak dosa yang tanpa atau sengaja kita lakukan tapi kita lupa ber-istighfar, meminta ampunan pada Allah SWT.

4. Bersedekah.

Jangan menunggu Ramadhan lalu kita berlomba-lomba untuk bersedekah. Salah satu amalan penggugur dosa adalah perbanyak sedekah. Nah saat bulan amalan manusia di angkat oleh Allah SWT, mengapa kita enggak perbanyak sedekah. 
Bentuk sedekah tidak melulu pada materi semata bukan, ada banyak cara sedekah yang dapat kita lakukan jika harta adalah bagian yang sulit kita sedekahkan (enggak punya duit misalnya), bisa dengan membantu membersihkan masjid atau mushola sebagai persiapan menyambut Bulan Ramadhan.

5. Wakaf.

Wakaf merupakan salah satu amalan yang termasuk istimewah, hal ini karena pahalanya akan terus mengalir pada saat kita meninggal dunia. 
Pahalanya bisa diatasnamakan orang lain, semisal memberikan tanah untuk pembangunan masjid atau mushola atas nama ibu/bapaknya, atau membuat sumur umum atas nama ibu/bapaknya.

Demikian keutamaan Bulan Syahban.
Yang belum bayar hutang puasa.. hayoo cepetan dibayar masih ada waktu loh sebelum Ramadhan tiba.

Wassalam,
~ratna fa

Komentar

Post Populer

Review Novel Yang Tercinta

Review Novel Pudar

Nonton Film, Antara Hobby dan Kebahagiaan.