Kenapa Harus Berkomunitas?


Komunitas Blogger, Blogger Jakarta, asyiknya berkomunitas
Blogger Jakarta's Family



Kenapa Harus Berkomunitas?


Awal nulis di blog sekitar tahun 2012-an, isinya seh sebenarnya cuma mau berbagi cerita tentang film atau drama yang suka gue tonton. Enggak pernah mikirin theme, dan isi dalaman Blog. Nulis aja terus posting. 

Seiring berjalannya waktu jadi suka banged nulis di blog, bukan perihal film atau drama aja, kadang review buku, tentang jalan-jalan, kesehatan dan apapun yang pengen gue tulis. Sampai pada akhirnya setelah sekian tahun dunia blog itu udah ramai dan bisa jadi ajang mata pencaharian.

Cerita dari salah satu teman yang pada akhirnya memilih untuk jadi bloger dan bisa kerja di rumah. Nah gue sendiri belum bisa seh kayak gituh, secara gue cuma hobby aja enggak begitu serius untuk jadiin blog mata pencaharian.

Teman baik ini sering kirim informasi perihal dunia blog, baik lomba review produk, review restoran baru, review gadget sampai lomba dengan hadiah wow fantastis.

Asli deh, pada akhirnya di ajakin gabung sama teman ke beberapa komunitas, tujuannya agar banyak teman dan paham dunia bloger. Yang awalnya malesan lama-lama coba ikutan gabung satu komunitas, oke..

Ketemulah sama Dini salah satu peserta yang ikutan hadir di acara komunitas bloger suatu siang di kawasan Rasuna Sahid. Ngobrol-ngobrol tentang banyak hal dan di ajakin gabung di komunitas yang dia ikuti. Mikir lagi.. buat apaan yah kok banyak amat. Masalahnya gue bukan orang yang sekedar ikut gabung tapi enggak bisa ikutan berkontribusi.

Karena dengar ceritanya menarik, yo wis gue akhirnya ikutan daftar deh, sama kayak masuk komunitas lainnya ada prosedur, syarat dan ketentuan. Sebenarnya dari semua yang pernah gue ajuin daftar jadi member, respon paling cepat di tanggapi Blogger Jakarta. 

Setelah kirim semua CV lamaran (kayak mau ngelamar kerja ya), kan wajib mengirimkan naskah, yah kali mau jadi bloger enggak punya tulisan atau artikel. Nunggu sebulan baru di acc, beneran kayak ngelamar kerja. Sempet woles, ya udahlah lolos syukur, enggak lulus yah tidur hehee

Malam-malam dapat chating WhatsApp, perihal pemberitahuan nomor member dan resmi diterima sebagai member Bloger Jakarta. Ah yakin, gue udah lupa loh (sebulan) hahahaha.

Lebih kaget lagi pas gabung group WhatsApp, hah.. ruame kampung ini, sampai tengah malam dan bahasannya serius, lucu, kocak, group paling aktif yang gue punya di handphone gue. Biasa ya karena warga baru, mengamati lalu mendalami, adaptasi. Oke.. ilmunya lumayan, banyak share perihal artikel yang bermanfaat dan gue jadi banyak tahu meski enggak paham juga kadang setelah bacanya hehehe.

Namanya anggota baru, kaget pas ada postingan perihal job nulis apapun, DA/PA.. what it is.. opo iki.. yakin seumur gue ngeblog kagak pernah tahu gue masalah perihal blog sebenarnya, berasa gue hidup di jaman apa cobah dan baru bangun ini apa.. itu apa.. karena selama ini gue ngeblog tujuannya cuma satu, gue bisa nulis apa yang ada di kepala gue, itu aja seh. Nah loh.. akhirnya gue jadi penasaran dan banyak nanya.. asa enggak peduli deh sama anggota yang lain.. Newbie istilahnya padahal udah dari tahun kapan gue ngeblog.

Tapi beneran member-membernya tuh welcome banged dan pada sabar gituh ngadepin newbie kayak macam gue yang banyak nanya kwkwkw..

Pada akhirnya pengurus bikin acara Sharing Session perihal "Bagaimana Caranya Menaikkan DA/PA". Seriusan pengurus perhatian sekali sama para member baru dan lama yang memang perlu dibantu untuk masalah satu ini, dan gue juga baru paham kalau DA/PA itu standard buat dapat job nulis seorang bloger  (kemana aja Dha..).

Hari minggu yang hujan dan terang, pergilah gue ikutan ke acara yang untuk pertama kalinya gue gabung di komunitas ini. Pengisi acaranya salah satu member dengan DA/PA tertinggi. Doi berbagi pengalaman dan ilmu bagaimana caranya agar DA/PA bisa naik melambung tinggi.


Blogger Jakarta, Komunitas Blogger Jakarta
Mas Irwin Sebagai Pembicara


Mudeng?
Enggak juga seh, karena emang ini awal banged buat gue hahaha..

Tapi Sebenarnya penjelasan dari Mas Irwin itu udah lengkap banged dan jelas, mungkin gue aja yang enggak mudeng kwkwkw.. so dengerin dan sesekali komen dalam hati... oh Ok.. oh kayak gitu yah..

Kurang lebih satu jam doi jabarin bagaimana cara mudah untuk menaikkan DA/PA, sesi berikutnya tanya jawab, antusias banged seh pesertanya, jadi doi di berondong dengan banyak pertanyaan. Eh ternyata banyak juga yang mau mengejar DA/PA.


Blogger Jakarta
Serius Sekali Kan Nyimaknya!


Dah dapat ilmu banyak, lanjut makan siang dan sholat. Yuk intip keseruan Blogger Jakart kalau lagi pada ngikutin acara Sharing Session.


Waktunya Maksi..
Wajah-wajah lapar setelah ikutan belajar selama kurang lebih dua jam,








Mak neh yang masak makan siangnya.

Abis makan siang acara berlanjut ke pemilihan ketua baru periode 2018 - 2019. Jadi gue termasuk beruntung neh bisa jadi saksi pemilihan kepengerusan periode selanjutnya. Ada tiga kandidat, yang semua calonnya tetep yah masih di dominasi kaum Adam. Siapa aja seh mereka. ini dia..

1. Mister Jarot.

Doi ini sudah berpengalaman lama dalam dunia kepengurusan dari awal Blogger Jakarta berdiri, usianya masih sangat muda sekali, doi kuliah semester empat.
Moto hidupnya : Enggak suka nulis tapi eksis dalam dunia blogging. Keren enggak seh atau salah masuk jurusan hehehe..

Betewe.. meski usianya masih sangat muda cara presentasinya oke juga loh. Meski dredeg dan belum terbiasa tampil didepan umum. 

Mister Jarot



2. Mister Iman

Pemilik dari Web Bacalagers ini enggak jauh beda visi dan misi untuk membawa Blogger Jakarta pada tahun selanjutnya. Karena usianya sudah cukup dewasa yah lumayanlah tampil di depan umum, dan juga karena doi pengalaman dalam dunia kepenulisan yah. Secara doi punya website yang lumayan sudah terkenal dalam dunia blogging.

Mister Iman (Serius Kali Kakak)




3. Mister Rizki

Calon ketua terakhir neh, secara puclic speaking di depan orang banyak doi uda oke yah, penjabaran visi dan misi seh sama kayak kedua kandidat sebelumnya. Pembawaannya yang tenang, bisa jadi pilihan untuk ketua berikutnya, sepertinya.

Mister Rizki



JRENG JRENG..

Siapa neh pada akhirnya yang terpilih dari ketiga calon di atas. Setelah Dewan Pengurus menjabarkan dan menjelaskan perihal sosok pribadi yang akan menjadi pemimpin komunitas ini selanjutnya dan peserta di kasih kesempatan untuk memilih salah satu dari mereka, akhirnya Ketua Blogger Jakarta terpilih adalah...


Komunitas Blogger, Blogger Jakarta, Ngeblogg
Ketua Terpilih dan Para Pengurus Baru (Tau kan siapa yang terpilih)

Ketua dan Pengurus Lama

Serah Terima Jabatan


Blogger Jakarta, Komunitas Jakarta, Ngeblog
Congratulations Mister Jarot!



 Oke, demikian cerita pengalaman komunitas gue tahun ini. Semoga kedepan gue bisa jadi lebih rajin dan makin pinter dalam menulis atau jadi bloger sejati, ciee.

Yang pasti, berkomunitas adalah pintu pembuka rejeki, ajang bersilaturahmi, bertambah ilmu dan memperluas networking pertemanan serta persahabatan.


Wassalam,

~dha











Komentar

  1. Ikut komunitas itu emang nyenengin mba, kita jadi tau apa.yang awalnya kita nggak kepikiran sampe disitu. Bisa sharing jugajuga de yang lebih berpengalaman

    BalasHapus

Posting Komentar

Jangan lupa komentarnya Kakak.

Post Populer

Review Novel Yang Tercinta

Review Novel Pudar

Nonton Film, Antara Hobby dan Kebahagiaan.