Drama Korea VS Drama Amerika


Drama Queen bisa jadi adalah sebutan para penggila drama khususnya wanita tentu dan pastinya. Dari sebagian wanita mungkin bisa dikatakan hampir seluruh wanita sangat menyukai kegiatan yang namanya nonton apalagi kalau bukan "drama".

Sejak tahun 1990-an drama sudah sangat menjadi terkenal di Indonesia salah satunya drama yang mungkin masih ingat dengan drama-drama telenovela yang mendominasi sangat saat itu contohnya "Kasandra". Ayo siapa yang masih inget dengan drama serial telenovela yang satu ini wanita cantik dengan ikat kepala dan tubuh yang aduhai keturunan gypsi jadi idola pada jamannya.

Seiring dengan berjalannya waktu telenovela bergeser berganti dengan drama-drama remaja dari negeri Paman Sam, hmmmm ada Dawson Creek yang pada saat itu pun tak mau kalah dikalangan para remaja. Ah mengingat pada saat jaman-jaman penuh dengan dunia drama kalah itu sangat menggelikan. Pertelevisian Indonesia didominasi dengan tayangan drama-drama dari negeri antah berantah.

Nah.. sekarang neh gak mau kalah lagi. Drama Korea menyerbu Indonesia dengan sangat hmmmm.... kalian bisa bayangkan sendiri. Hampir disetiap stasiun televisis drama- drama Korea mengisi setiap tayangannya. Bahkan jamur Drama Korea sudah sangat...

Drama Korea datang dengan tayangan yang sangat menarik dan membuat para penonton drama khususnya para ibu rumah tangga yang senang banget menonton sambil menemani mereka masak. Dari cerita romantis, mengharu biru, remaja, politik, rumah tangga, dan berebut kekuasaan. Siapa yang tak mengenal drama Korea tentunya. Indonesia seakan hanyut dengan semua tayangan ditelevisi didominasi dengan artis dan aktor bermata sipit yang ketika para remaja, ibu-ibu, wanita dewasa bahkan anak SD pun ikut tertawa geli, cekikikan, menangis dan terkadang berteriak ketika mereka tengah asyik menyaksikan drama kesayangan mereka ditelevisi.

Tunggu! bukan hanya ditelevisi mereka bisa menonton drama kesayangan mereka bahkan demi menyaksikan drama kesayangan mereka atau aktor dan aktris idola mereka, mereka rela mengeluarkan kocek yang lumayan untuk kepingan DVD dalam sekejap dilahapnya. *hmmmmm*

Permasalahannya adalah saya sebagai salah satu penikmat drama-drama Korea akhirnya menyadari ketika setiap acap kali menonton serial drama Korea dari puluhan judul dan ratusan kali menganalisa dapat saya simpulkan seperti ini.

Drama Korea memang sangat bagus dari alur cerita dan penokohan setiap karakter pemain namun tanpa mereka sadari atau  tidak, yang akhirnya ketika saya telah banyak menonton serial drama Korea dapat saya bandingkan dengan drama Amerika.

Seperti ini analisa saya, Drama Korea banyak bercerita tentang berbagai peristiwa dan profesi sama dengan drama Amerika.

Drama Amerika, bercerita tentang seorang detektif yang sedang bertugas mencari penjahat pelaku pembunuhan, maka si detektif akan berusaha sekuat tenaga dengan segala daya apapun untuk dapat akhirnya menangkap siapa pelaku pembunuhan sesungguhnya.

Dalam drama Korea, cerita tentang seorang detektif, namun diakhir cerita si detetktif berakhir dengan jatuh cinta kepada salah satu tokoh didalam cerita entah siwanita yang berperan menjadi detektif akhirnya jatuh cinta dengan sipelaku utamanya atau sebaliknya.

Drama Amerika, cerita tentang seorang dokter maka sang dokter akan melakukan apapun untuk dapat menyembuhkan sipasien, sedangkan drama Korea tokoh utama sang dokter akan jatuh cinta kepada sang pasien dan cerita lebih berfokus kepada masalah tentang percintaan mereka daripada penyakit sipasien.

Itu adalah salah satu contoh cerita dalam drama Amerika dan Korea. Jadi saya berpikir drama Korea memiliki aktor dan aktris yang sangat berpotensi dalam peran mereka masing-masing terbukti setiap kita mengikuti cerita mereka kita selalu terbawa emosi namun kesalahan terbesar yaitu ketika semua cerita drama yang mereka sajikan akan seperti ini selamanya, saya rasa setiap orang lambat laun akan merasa bosan dengan cerita yang sama pada akhir cerita.

Hmmm... ini adalah opini atas analisa  saya sendiri. Jika diantara para pembaca tak berkenan dengan opini saya silahkan. Akibat dari terlalu banyak menonton serial drama Korea dan Amerika.

Semoga saja para penulis skenario di Korea bisa cepat sadar dan merubah alur cerita agar tak monoton cerita-cerita dalam drama mereka. Setidaknya berilah kami para penikmat drama Korea cerita yang lebih menarik jangan melulu drama percintaan dibalik cerita awal yang bagus namun berakhir dengan selalu cinta-cintaan. Atau bisa saja ceritanya dapat dirubah belajar dari drama Amerika namun tak menghilangkan romantisme drama Korea.

Peeeaaaaacccceeeee... oenni.. oppa..

Semoga bisa jadi masukan, ini akibat terlalu banyak makan drama Korea.

drakor_queen..^^



Salam,

~ratna_fa

hyunbin133

4 komentar

  1. drama korea vs drama Amerika?? aku pribadi sih lebih milih drama Amerika kemana-mana hehe #peaceee ide ceritanya beragam nggak cuma cinta-cintaan mulu tapi juga kisah tentang melarikan diri dari penjara (Prison Break), menumpas hantu (Supernatural), hidup dikelilingi zombie (The Walking Dead--sumpah ini keren!!) sampai drama yang bersetting di dunia imajinasi (Game of Thrones). tapi, mau milih drama korea atau drama Amerika itu sih kembali ke selera masing-masing :) btw, salam kenal! :D

    BalasHapus
  2. Wah ada pengunjung ya.
    Maaf terlalu lama neh blog g aku buka krn lp pasword.
    Alhmd.. uda bisa kebuka.

    Iya bener balik lagi ke masalah selera.. aku jg suka Supernatural ^^

    Salam kenal juga.

    BalasHapus
  3. Wah salam kenal juga.

    Akhirnya bisa kebuka setelah lama lupa pasword.

    Iya semua kembali masalah selera seh. Supernatural.. aku sukaaaa^^

    BalasHapus
  4. Salam Kenal Juga.
    Wah lama baru balas ya.
    maaf!
    terima kasih udah mampir di blog ini.
    btw.. dari segi ide cerita emang aku lebih suka Amerika.
    over all the best lah..

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung. Alangkah baiknya jika setelahnya, meninggalkan jejak kata, yang baik dan sopan ya.