Masangin Dan Cerita Mistis





Sudah pernah ke Yogya?
Hmm.. selalu kangen sama kota ini kan.
Meski sering bolak balik ke kota ini, selalu saja rindu untuk terus bermain ke Yogya.


Apa yang kalian pikirkan tentang Yogya?
Yups!
Kulinernya
Batiknya
Pasar Bringhajo
Malioboro
Angkringan
Bakpia
Lumpia
dan sejuta kenangan mantan (Eeaaaa).


Yogykarta akan selalu menjadi kota kenangan dan rindu untuk selalu ingin kembali.

Untuk kali ini saya enggak akan membahas perihal main di Yogya, nanti di blog selanjutnya.

Pernah main ke Yogya?, berarti pernah main ke alun-alun kan yah.

Nah.. saya ingin bercerita tentang kisah main saya dan sahabat saya beberapa hari yang lalu.

Main ke Yogya jangan lupa main ke alun-alun. Banyak yang bisa kita lakukan di sana. Ada dua alun-alun loh, utara dan selatan. Saya ingin cerita tentang alun-alun selatan.

Awalnya seh salah satu sahabat saya pengin banged main ke alun-alun selatan dengan alasan ada satu permainan yang patut dicoba.

Namanya "Masangin".

Di alun-alun selatan ini terdapat dua pohon beringin yang kokoh saling berhadap-hadapan. Pohon ini sudah ada sejak jaman semono alias dahulu kala. Cerita punya cerita pohon beringin ini adalah simbol untuk alun-alun selatan.


Nah.. konon pada jaman dahulu prajurit atau abdi dalam melakukan ritual untuk berjalan melewati keduanya. Diceritakan untuk menjaga para prajurit dari serangan musuh atau terhindar dari marabahaya.
Lalu.. apa hubungannya dengan permainan kita?.

Kami bermain "Masangin", dimana kedua mata tertutup dari jarak tiga sampai empat meter dari pohon beringin berdiri. Lalu berjalan melewati antara kedua pohon beringin.


Awalnya karena takut kita berdua bergandengan tangan. Alhasil enggak ada satupun yang berhasil melewatinya. Seperti ada yang menggerakkan langkaj kaki kita, kalau enggak ngeloyor ke kiri atau nyasar ke kanan.


Saat kedua mata dipejamkan, makin dekat dengan pohonnya, aroma bunga mawar semerbak terasa dihidung atau bau pohon beringin yang khas. Tapi.. ketika kedua mata terbuka, enggak ada tuh bau aroma apapun.


Ini hanya cerita mistis tapi kami mengalami sendiri. Dan konon menurut cerita, bagi siapapun yang bisa melewati kedua pohon beringin itu, apapun yang di inginkan akan terkabul. Hmmm... padahal udah niat kalo berhasil minta ketemu sama si Oppa (gubrak!).


Lalu setelahnya pengunjung yang lain pun mengikuti permainan kita, dan makin ramai bermain "Masangin", sekedar mencoba atau serius menikmati.

Aahh.. sungguh bermain yang asyik di alun-alun kota Yogyakarta.
Nah yang belum pernah main ke sana, nanti kalau ada kesempatan bisa loh di coba permainan ini.


Seru-seruan di alun-alun selatan Yogyakarta (Alun-Alun Taman Sari).

Setelahnya bisa icip-icip kuliner di sepanjang trotoar sambil ngobrol bersama sahabat di angkringan alun-alun. Atau ada pilihan lain menikmati mobil lampu hias warna warni dengan di iringan musik yang aduhai kerasnya minta ampun.







Yuks ke Yogyakarta.





Wassalam,


~dha

Tidak ada komentar

Terima kasih sudah berkunjung. Alangkah baiknya jika setelahnya, meninggalkan jejak kata, yang baik dan sopan ya.