Tips Hemat Berpergian Ke Luar Negeri.

Banyak yang suka bilang,

"Gile bener jalan-jalan muluk banyak duit elo!".

"Duit elo banyak amat jalan-jalan muluk".

"Emang enggak sayang ngabisin duit banyak ke luar negeri terus".

Dan... berbagai komentar lainnya yang kalau ditulis satu persatu bisa penuh neh postingan 😊.

OK!

Ngomongin soal budget jalan-jalan itu memang.. sesuatu yah.

Nah mulai sekarang biar lebih ngerasa kita deket neh bahasa "Saya" "Aku" berganti "Gue" 😊 biar lebih merasa kita "Friends"-lah 😀

Jangan pernah takut perihal masalah uang, kalau gue seh dari awal sejak gue menginjakkan kaki untuk pertama kalinya ke negeri orang udah membathin bahwa akan ada waktu gue untuk terus jalan dan berkunjung ke negeri-negeri lainnya.

Kenapa?

Yang udah pernah ngalamin pasti ngangguk, yang belum pernah cobain deh yang deket dulua aja. Ada banyak hal yang akan elo dapetin setelah melancong.

Balik masalah budget ya.

Gue biasanya jauh-jauh hari eh bulan udah bikin jadwal mau kemana dan menghitung budget untuk transportasi, penginapan, biaya hidup disana.

Memastikan semua biaya cukup kalaupun kurang yah udah resiko rogoh kocek dikitlah 😁.

Cari maskapai yang lagi promo, sering-sering buka web-nya, sering-googling dan sering-seringlah ngintip biar tahu kalau pas ada promo bisa langsung book. Karena biasanya promo tiket pesawat itu bisa berubah-ubah semau mereka seh 😊.

Pun begitu juga penginapan, sebelum book pastiin dulu baca review dari para pengunjung sebelumnya. Harganya sesuai enggak untuk elo selama nginap disana. Kalau gue karena memang bukan Backpaker-an alias liburan gue cari penginapan yang memang agak milih karena gue mikirnya yang harus bisa Sholat 😊 dan ada air krannya. Bukannya apa diluar negeri untuk beberapa negara air itu sesuatu loh. Ini yang gue rada susah untuk milih penginapan. Kenapa gue selalu milih hotel yang agak lumayan harganya karena demi kenyamanan. Kan mau liburan, mau nikmatin semuanya terutama tempat yang nyaman untuk kita istirahat setelah seharian ngebolang.

Enggak mau dong udah capek seharian balik ke penginapan enggak nyaman 😊. Tapi semua pilihan seh, ada beberapa yang lebih milih yang biasa aja karena budget dan sayang. Kalau gue milih nyaman bangun tidur bisa fresh lagih yah ibarat berasa tidur dikamar sendiri dengan pilihan interior kamar sesuka gue. Katanya murah.. nah untuk pilihan penginapan bisa ngambil harga menengah tapi fasilitas setara hotel mewah, emang ada? banyak kok 😉.

Udah neh ngomongin penginapan. Yang pasti harga selalu setara dengan fasilitas yang kita terima kan.

Kalau misal mau enggak repot cari penginapan plus tiket pesawat banyak loh biasanya "Traveloka" selalu ada paket Pesawat Plus Hotel. Yah kalian bisa pilih-pilih mau naik apa dan hotel yang mana buanyak banged.

Kalau gue selalu searching semuanya terus gue bandingin harganya satu persatu (ini seriusan) bisa satu bulan untuk nentuin maskapai dan hotelnya ajah 😁.

Yang kedua kalau udah dapat pilihan mau naik maskapai mana baru deh nentuin lokasi hotel mau di mana. Gue seh selalu milih lokasi yang Anti-maestream dalam artian selalu beda harganya dan selalu lebih murah. Agak menjauh dari pusat kota enggak apa-apa toh transportasi kan udah banyak dan cepat untuk beberapa negara (Search dulu perihal Transportasi negara tujuan).

Karena biasanya hotel-hotel di beberapa lokasi yang cenderung dekat dengan kota itu mahal. Pengalaman menginap dilokasi yang menurut beberapa reviewer "district merah" ternyata aman-aman ajah loh, gue balik hotel tengah malam juga enggak kenapa-kenapa. Jangan mudah percaya baca artikel kalau belum ngalamin sendiri 😀.

Yakin.. hematnya banyak ketimbang milih lokasi ditengah kota dengan harga aduhai Mak!

Nah kalau udah dapat tiket sama hotel kalian bisa mulai menghitung biaya transportasi dan makan selama di sana. Untuk transportasi gue lebih milih MRT, BTS dan Bus selama liburan, karena lebih murah dan cepat juga kok. Budget lainnya bisa buat makan dan jajan.

Beberapa kali gue selalu bawa makanan dari Indonesia yang ringan dan gampang ditenteng alias enggak bakal berat kena bagasi. Bukannya apa, terkadang mencari makanan halal itu susah banged dan kalaupun ada rasanya agak gimana gituh. Jadi untuk menjaga daya tahan tubuh dan tenaga biar selalu fit enggak ada salahnya kok bekal makanan dari rumah 😁. Biasanya yang suka gue bawa sama temen-temen gue adalah Roti Tawar, Pop Mie, Abon, Energent, Saos, Kecap dan jangan lupa Tolak Angin sama Cream Pegal-Pegal 😁.

Yakin kalau elo bisa bawa makanan kayak gituh dijamin elo enggak bakalan susah deh 😉. Pengalaman gue yang rada susah nerima makanan apapun yang berbau nyengat dan beraroma rempah jadi mendingan gue bawa bekal selama disana. Dan juga menjaga biar enggak sakit perut. Biasanya kalau makanan yang enggak biasa dengan pencernaan kita bisa berabeh kan.. Betmen.. batal dong liburannya.

Yakin deh.

Kalau elo bisa dan pintar menyiasati apapun untuk liburan elo dengan budget yang murah dan elo bahagia kenapa enggak!

Jangan lagi berpikir butuh biaya berapa yah... duitnya banyak banged.

No!

Satu lagi yang penting.. cari temen jalan yang bener-bener satu visi misi sama elo. Alhamdulillah gue dapat teman jalan sepemikiran dan semua budget bisa terkontrol dengan aman kalau mau cuma liburan ke negera tetangga yang enggak jauh-jauh amat seh.

Masih berpikir masalah budget untuk liburan?

Hmmmm...

Yuk Bahagia!

Wassalam,

@kimidha2528

hemat ke luar negeri, tips hemat jalan jalan, traveling hemat, backpacker hemat, jalan jalan murah



[video data-wpid="955" src="/storage/3434-6338/My Video/20180728_152015.mp4" class="uploading size-full data-temp-aztec-video"]

Komentar

Post Populer

Review Novel Yang Tercinta

Review Novel Pudar

Nonton Film, Antara Hobby dan Kebahagiaan.