Bakso Bakar Alun-Alun Mojokerto

Saya jarang sekali menulis tentang makanan, tapi sepertinya untuk satu kudapan ini harus seh saya tulis, kenapa? hmmmm...

Mungkin tak banyak yang tahu tentang Kota Mojokerto Jawa Timur. Kota ini memang tidak terlalu besar dan kalaupun keliling Kota hanya butuh beberapa jam saja
pakai mobil. Keberadaannya diantara Kota Jombang dan Surabaya. Jadi kalau mau ke Surabaya dengan transportasi darat baik Kereta Api ataupun Bus, kita pasti melewati Kota ini, Mojokerto.

Kalaupun kita buka situs atau wikipedia di google yang kita temukan perihal Mojokerto adalah peninggalan Kerajaan Mojopahit tepatnya di Trowulan. Tapi, saat ini saya tidak akan membahas itu melainkan perihal jajanan kuliner murah tapi uenak di sudut Kota Mojokerto.

Rasanya setiap kita berkunjung ke suatu daerah enggak afdol kalau enggak mampir ke Alun-alun Kota. Nah kebetulan pas makan malam bersama keluarga Kakak tercinta, saya diajak ke Alun-Alun Mojokerto. Butuh waktu sekitar 15 menit dari rumah (Sooko) ke Alun-Alun). Kebetulan malam minggu jadi sepanjang perjalanan kendaraan hampir semua menuju ke arah yang sama, Alun-Alun Kota.

Tiba di sana, banyak pedagang kaki lima berjajar disepanjang Alun-Alun. Pengunjung pun ramai dengan pilihan masing-masing stand. Akhirnya Kakak saya memilih berhenti diseberang gerumunan pengunjung. Sempet kaget seh, sampai-sampai penjualnya tidak terlihat. Hampir setiap orang berdiri dengan tangan membawa piring berisikan jajanan yang sudah mereka pilih. Saya turun dan mendekat, ohh.. ada berbagai pilihan kudapan yang tersaji diatas gerobok mini, penjualnya tengah sibuk melayani satu persatu pembeli dengan sabar. Saya pun akhirnya ikutan mengambil piring dan memilih beberapa, tapi ponakan lelaki saya mengatakan bahwa yang paling enak itu "ini" menunjuk tusukan bakso menyerupai sate. Saya sempet sangsi karena ada Sosis yang menggoda, selanjutnya tetap pilihannya bakso tusuk itu.

Setelah lama mengantri hampir sekitar 30 menit, bakso tusuknya mulai dipanggang diatas bara api. Aromanya sudah tercium dan makin ngiler enggak sabar.



Nah ini dia penampakannya. Asli rasanya itu bikin nagih, sambalnya terbuat dari sambal kacang dicampur dengan petis (sambal khas jawa timur terbuat dari udang). Sambalnya pedes nampol, untuk saya yang tidak bisa makan pedas meski terasa panas tapi karena rasanya bikin ketagihan enggak berasa habis 10 tusuk loh 😊.

Untuk harganya satu tusuk 1000K dan kalian bisa milih sebanyak mungkin tusukan yang kalian suka 😀. Menurut saya ini jajanan murah meriah dan mantab memang rasanya. Bakso sapi diolesi minyak lalu dibakar beberapa menit dilumuri sambal, mak nyus banged. Jangan lupa kalau kesini bawa air minum ya hehehe..

Sekian ulasan Bakso Bakar-nya.

Wassalam,

@kimidha2528

No comments

Jangan lupa komentarnya Kakak. Terima kasih sudah memberikan komentar baiknya.