Malas Mencuci Pakaian Baru Mudah Terinfeksi Bakteri.



(Foto from google)

Kita sering kali ingin cepat mengenakan pakain baru setelah dibeli. Alih-alih malas atau memang ingin langsung pakai.

Kebiasaan ini sering kali terjadi pada setiap orang baik wanita, laki-laki dan pada balita. Mungkin bisa jadi karena faktor kebutuhan yang memang harus dikenakan saat itu juga atau bisa jadi karena memang malas dan.. "Udahlah langsung pake aja mumpung baru."

Oke!

Banyak yang tidak paham bahwa pakaian baru yang di display di Mall-Mall rentan terinfeksi bakteri. Alurnya seperti ini setelah saya tanyakan kepada salah satu teman yang pernah bekerja di perusahaan konveksi pakaian.

Kain langsung dipola, dipotong, dijahit, disetrika semprot pelicin lalu di distribusikan ke Mall-Mall.

Berapa banyak bakteri yang menempel pada pakaian-pakaian itu?, Saya merinding mendengarnya. Karena saya pengalaman bekerja di Laboratorium Mikrobiologi, secara langsung melihat kandungan bakteri pada tangan yang sudah cuci tangan saja masih bisa terkontaminasi apalagi pakaian-pakaian itu.

Jangan mengabaikan hal kecil yang berakibat menjadi hal besar.

Seorang Pakar Mikrobiologi, Ryan Sinclair pernah bertutur, bahwa peralatan rumah tangga berbahan kain sangat mudah terkontaminasi dengan bakteri.

Pakaian kotor terutama sangat rentan terjadi kontaminasi bakteri Stapilococcus dan Ecoli. Akibat yang ditimbulkan dari Infeksi bakteri Stapilococcus adalah bercak-bercak pada kulit seperti jerawat dan bisul. Jika di abaikan sangat berbahaya pada kulit.



(Gambar From Google)

Mengerikan sekali bukan akibat dari infeksi bakteri Stapilococcus yang langsung kontak dengan kulit kita.

Banyak orang sangat tidak peduli dengan kesehatan diri sendiri dan sering kali cuek, "Ah gak papa!". Bisa dibayangkan jika yang dikenakan adalah pakaian dalam yang secara langsung kontak dengan organ intim pribadi kita. Iiihhhhhh...

Disamping Bakteri Stapilococcus ada Bakteri Ecoli yang sangat berbahaya jika terinfeksi oleh bakteri tersebut, menyebabkan diare, jika serius maka akan menimbulkan kematian (Diare berkepanjangan). Selain itu dari bakteri-bakteri tersebut juga bisa terinfeksi penyakit Kolera. (Hmmm...)

Masih juga "bodo amat"?

Membiasakan hidup sehat dengan memperhatikan hal -hal kecil sangat membantu kita menjaga kesehatan.

Menggunakan pakaian baru terutama pada bayi harus benar-benar diperhatikan, cuci terlebih dahulu sebelum dikenakan pada bayi meski dalam kemasan terlihat bersih dan baik-baik saja, padahal bayi sangat sensitif. Anda tidak ingin bayi anda terinfeksi bakteri berbahaya bukan?



(Foto from google)

Jangan lagi mengabaikan pakaian-pakain baru itu. Peduli dengan kesehatan diri sendiri sangatlah penting dan juga keluarga terdekat terutama anak-anak. Biasakan mencuci pakaian baru sebelum dikenakan terlebih dahulu.

Penggunaan disikfektan a.k. a sabun cuci memang tidak serta merta membunuh bakteri-bakteri tersebut, akan tetapi mengurangi terinfeksi penyakit dan memutus salah satu rantai penyebaran.

Hidup sehat sebagian dari Iman.

@Dha

No comments

Jangan lupa komentarnya Kakak. Terima kasih sudah memberikan komentar baiknya.